Minggu, 29 Juni 2014

Shalat Tarawih

Ga terasa ya udah bulan ramadhan lagi, perasaan baru kemarin lebaranan, salaman sama mantan. Hahaa :D

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa dan selalu identik dengan puasa dan solat tarawihnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan puasa Ramadhan dan Aku menyunahkan bangun (shalat di malam harinya).”

Shalat tarawih adalah shalat malam yang dikerjakan hanya di bulan ramadhan. Shalat tarawih ini hukumnya sunnat muakkad (sunnah yang ditekankan), shalat ini boleh dikerjakan sendiri atau berjama’ah.

Shalat tarawih ini dilakukan sesudah shalat ‘isya sampai waktu fajar. Bilangan rakaatnya yang pernah dilakukan Rasulullah SAW ada delapan rakaat. Umar bin Khathab mengerjakannya sampai 20 rakaat, Amalan Umar bin Khathab ini disepakati oleh Ijma’.

Tapi ada hadis-hadis mengenai bilangan rakaat solat tarawih, antara lain:

Imam As-suyuthi rahimahullah berkata, “ hadits-hadits yang shahih dan hasan menunjukan perintah dan anjuran untuk shalat tarawih tanpa dibatasi berapa jumlah rakaatnya. Tidak ada yang menyebutkan bahwa Rasuulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam shalat tarawih sebanyak 20 rakaat. Beliau hanya melakukan shalat pada malam-malam ramadhan tanpa disebutkan berapa jumlah rakaatnya.”

Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah juga mengungkapkan pernyataan serupa, “Tidak ada riwayat shahih bahwa Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi Wasallam salat tarawih sebanyak 20 rakaat. Riwayat yang menyebutkan bahwa beliau shalat tarawih sebanyak 20 rakaat sangatlah lemah.”


Cara mengerjakan shalat tarawih biasanya diakhiri dengan salam ditiap-tiap dua rakaaatnya. Setelah shalat teraweh hendaknya diteruskan dengan shalat witir, sekurang-kurangnya adalah satu raka’at. Tetapi umumnya dikerjakan tiga rakaat dengan dua salam dan boleh juga dikerjakan tiga rakaat dengan satu salam.

Pada solat tarawih, surat yang dibaca sesudah surat Al-Fatihah pada tiap-tiap rakaat boleh mana saja yang kita hendaki, misal dari surat  At-Takatsur sampai surat Al-Lahab. Sedangkan pada rakaat kedua setelah membaca surah Al-Fatihah diutamakan surat Al-Ikhlash (Qul Huwallahu ahad).


Niat solat tarawih adalah sebagai berikut :

USHALLI SUNNATAT TARAAWIIHI RAK’ATAIN (MA’MUMAN/IMAAMAN) LILLAAHI TA’ALAA.

Artinya: “Aku niat shalat tarawih dua rakaat (makmum / jadi imam) karena Allah Subhanallah Wa Ta’ala”.



Dalam bulan ramadhan kita disunatkan memperbanyak tadarus (Membaca al-quran), memperbanyak membaca shalawat, dzikir dan berdoa.

Sumber : Buku Risalah TUNTUNAN SHALAT LENGKAP (DRS. MOH RIFA’I)

Foto: Google.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Shalat Tarawih
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

16 komentar

Tulis komentar
avatar
29 Juni 2014 10.28

satu hal tentang shalat tarawih adalah, jangan lupa shalat witirnya :D (kali aja ada yang langsung kabur, karena ngga kuat berdiri, mirip kelakuan gue waktu kelas 5 SD)

Reply
avatar
29 Juni 2014 11.00

cieh.... kali ini artikelnya gak konslet, hehehe...

Reply
avatar
29 Juni 2014 11.19

yuk shalat tarawih yuk :D

Reply
avatar
29 Juni 2014 23.36

Bagus nih artikel nya, lengkap. btw gue gapernah shalat tarawih 20 rakaat. selalu sebelas muehehehehe

Reply
avatar
30 Juni 2014 20.39

Menarik untuk dibaca nih jumlah bilangan rakaatnya :)

Reply
avatar
1 Juli 2014 10.04

bener tuh, witir juga penting :D

Reply
avatar
1 Juli 2014 13.37

tumben artikelnya rada bener haha :p

Reply
avatar
1 Juli 2014 20.21

Waileh artikelnya serius banget nih.. Asik juga sih, bermanfaat.
Btw, salam kenal bro Manap Ganteng :D

Reply
avatar
6 Juli 2014 02.10

\m/

salam kenal juga ya broo :D

Reply
avatar
7 Juli 2014 04.18

Berapapun rakaat solatnya, sumber kebenaran hanya milih Allah. Tapi yang jelas salah itu..... nggak terawih karena males. :D

Reply
avatar
22 Juli 2014 21.09

Salam kenal...
Nice share bang manap..

Reply

Komentar sangat dibutuhkan bagi seorang Blogger #FYI

Orang baik komentarnya akan baik; Orang buruk komentarnya akan buruk.

Terima kasih dan Terima apa adanya | ... ?

Beri komentar yang bersifat membangun yak :D #ThinkHIGH